Langsung ke konten utama

Soal Semester Genap Sosiologi Kelas XI IPS


KABUPA~1PEMERINTAH KABUPATEN PEKALONGAN
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMA NEGERI I PANINGGARAN
Alamat : Jl. Raya Paninggaran Pekalongan  É(0285) 521044 51164
Website : www.sman1paninggaran.sch.id
E-mail : smanpaninggaran@yahoo.co.id
 

ULANGAN AKHIR SEMESTER GENAP
TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012
Rounded Rectangle: Mata Pelajaran  : SOSIOLOGI  Hari / Tanggal : Sabtu, 2 Juni 2012
Kelas   : XI IPS  Waktu  : 09.45 - 11.15 WIB 

PETUNJUK UMUM :
1.    Tulislah nama, nomor peserta, kelas/program pada lembar jawaban.
2.    Semua jawaban dikerjakan pada lembar jawaban yang tersedia.
3.    Kerjakan terlebih dahulu soal yang anda anggap paling mudah.
4.    Teliti kembali pekerjaan anda sebelum dikumpulkan.
PETUNJUK KHUSUS :
A.  Untuk soal nomor 1 s.d. 45  berilah tanda silang (X) pada huruf A, B, C, D, atau E yang anda anggap paling benar pada lembar jawaban yang tersedia!
B.  Untuk soal no. 46 s.d. 50  jawablah dengan benar!

Pilihan Ganda
1.    Masyarakat multikultural dapat diberi pengertian sebagai masyarakat yang...
a.    Terdiri dua atau lebih kelompok atau golongan yang hidup sendiri-sendiri
b.    Tinggal menetap pada daerah-daerah terpisah satu dari yang lainnya
c.    Terdiri dari penduduk dalam jumlah besar dan padat
d.   Memiliki keunikan ciri, baik sosial maupun kultural
e.    Ditandai oleh adanya perbedaan diantara lapisan-lapisan sosial yang tajam
2.    Karakteristik masyarakat multikultural tersebut dibawah ini, kecuali...
a.    Terjadinya segmentasi kedalam kelompok-kelompok
b.    Sangat mengembangkan konsensus diantara para anggotanya
c.    Sering terjadi konflik diantara kelompok
d.   Integrasi tumbuh diantara paksaan
e.    Adanya dominasi politik oleh suatu kelompok
3.    Masyarakat majemuk/multikultural menurut Furnival dibedakan menjadi empat sebagaimana tersebut dibawah ini, kecuali...
a.    Masyarakat majemuk dengan fragmentasi
b.    Masyarakat majemuk dengan minoritas dominan
c.    Masyarakat majemuk dengan mayoritas dominan
d.   Masyarakat majemuk dengan fluktuasi
e.    Masyarakat mejemuk dengan kompetisi seimbang
4.    Persilangan keanggotaan anggota-anggota dari dua suku bangsa atau lebih dalam kelompok-kelompok sosial didalam suatu masyarakat dinamakan...
a.    Konsolidasi
b.    Interseksi
c.    Konsorsium
d.   Interaksi
e.    Intergrasi
5.    Perhatikan tabel berikut ini!
NAMA
AGAMA
SUKU BANGSA
PROFESI
ORGANISASI
Budi
Santo
Ahmad
Idari
Robert
Islam
Budha
Islam
Hindu
Kristen
Jawa
Cina
Minang
Bali
Batak
Pengacara
Advokad
Pedagang
Dokter
Pengacara
LBH
LBH
KUD
IDI
LBH

Proses interseksi dialami oleh...
a.    Budi, Santo dan Ahmad
b.    Santo, Ahmad dan Idari
c.    Budi, Santo dan Robert
d.   Ahmad, Idari dan Robert
e.    Santo, Ahmad dan Idari
6.    Dibawah ini merupakan bentuk-bentuk konsolidasi, kecuali...
a.    Golongan kaum bangsawan
b.    Himpunan Mahasiswa Islam
c.    Suku Melayu identik dengan Islam
d.   Ikatan Mahasiswa Tapanuli Selatan
e.    Kelompok ras Melayu Mongoloid
7.    Suatu himpunan manusia disebut kelompok sosial apabila memenuhi persyaratan seperti tersebut dibawah ini, kecuali...
a.    Adanya faktor pengikat, seperti ideologi dan lainnya
b.    Memiliki struktur, kaidah, dan pola perilaku
c.    Setiap anggota kelompok sadar bahwa ia bagian dari kelompok
d.   Memiliki suatu sistem dan proses tertentu
e.    Adanya hubungan timbal balik antar kelompok
8.        Kelompok sosial dimana individu mengidentifikasikan dirinya dan secara fisik tercatat sebagai anggota kelompok dinamakan...
a.    Out group
b.    In group
c.    Primary group
d.   Sekundery group
e.    Formal group
9.        Ciri-ciri pokok Gemeinschaft adalah...
a.    Intimate, private, dan exclusive
b.    Fungsional, formal, inclusive
c.    Klik, informal, modern
d.   Intimate, genealogis dan patrilineal
e.    Tradisional, privat, genealogis
Perhatikan ciri-ciri sosial dibawah ini yang digunakan untuk soal nomor 13 dan 14
1.    Islam
2.    Kepercayaan
3.    Kristen
4.    Budha
5.    Manager
6.    Pedagang
7.    Petani
8.    Buruh
9.    Kaukasoid
10.     Mongoloid
11.     Asiatik Mongoloid
12.     Malayan Mongoloid
10.    Karakteristik etnis Tionghoa pada masa Hindia Belanda adalah nomor...
a.    1, 5 dan 9
b.    2, 7 dan 11
c.    3, 5 dan 9
d.   1, 8 dan 12
e.    4, 6 dan 10
11.    Karakteristik etnis Belanda pada masa Hindia Belanda adalah nomor...
a.    1, 5 dan 9
b.    2, 7 dan 11
c.    3, 5 dan 9
d.   1, 8 dan 12
e.    4, 6 dan 10
12.    Sikap menilai unsur-unsur budaya lain dengan menggunakan ukuran budaya sendiri disebut...
a.    Rasionalisme
b.    Diskriminasi
c.    Stereotipe
d.   Prasangka sosial
e.    Etnosentrisme
13.    Kegiatan politik praktis anggota masyarakat akibat munculnya sentimen primordialisme disebut...
a.    Politik lokal
b.    Politik aliran
c.    Primordialisme
d.   Demokrasi
e.    Interseksi
14.    Faktor iklim dan struktur tanah menyebabkan pertanian di luar Jawa mengembangkan pertanian sistem...
a.    Ladang
b.    Sawah
c.    Perkebunan
d.   Tambak
e.    Rawa
15.    Petugas yang menulis administrasi desa di Jawa adalah...
a.    Ulu-ulu
b.    Carik
c.    Jagabaya
d.   Bahu
e.    Lebe
16.    Upacara dalam siklus hidup orang Jawa dibawah ini, kecuali...
a.    Ngaben
b.    Tedak Siti
c.    Mitoni
d.   Supitan
e.    Nyewu
17.    Kepercayaan asli suku Dayak dinamakan...
a.    Aluk todoyo
b.    Kaharingan
c.    Abangan
d.   Puang matua
e.    Kong Hu Chu
18.    Berikut ini yang bukan merupakan ciri-ciri masyarakat kota adalah...
a.    Bersifat heterogen
b.    Pusat kegiatan administratif
c.    Pusat industri
d.   Pusat kegiatan komersial
e.    Pola fikir konservatif
19.    Perhatikan pernyataan berikut ini!
1)    Setiap anggota memiliki kesadaran sebagai anggota kelompok
2)    Memiliki struktur dan pola perilaku
3)    Memiliki kesamaan tempat tinggal
4)    Memiliki pemimpin yang berkarisma
5)    Memiliki kesamaan penghasilan
Dari pernyataan tersebut yang menjadi syarat terbentuknya kelompok adalah...
a.    1, 2 dan 3
b.    1, 3 dan 4
c.    1, 4 dan 5
d.   2, 3 dan 4
e.    3, 4 dan 5
20.    Perhatikan beberapa bentuk kelompok sosial berikut!
1)    Persatuan Mahasiswa Indonesia di Australia
2)    Organisasi Masyarakat Pasundan di Jakarta
3)    LSM  Amerika menangani masalah lingkungan
4)    Rombongan dosen-mahasiswa geologi dari ITB
Berdasarkan contoh tersebut yang termasuk bentuk kelompok paguyuban adalah...
a.    1 dan 2
b.    1 dan 3
c.    2 dan 3
d.   2 dan 4
e.    3 dan 4
21.    Sebelum kedatangan Christoper Columbus, benua Amerika dihuni oleh suku Indian. Seiring berjalannya waktu suku Indian terdesak oleh kedatangan penduduk dari Inggris yang mengalami konflik dinegaranya. Perpindahan penduduk Inggris yang semakin besar jumlahnya kemudian membentuk koloni-koloni dan akhirnya mendominasi benua Amerika. Penduduk Inggris di benua Amerika tersebut membentuk konfigurasi...
a.    Pendatang minoritas
b.    Pendatang mayoritas dominan
c.    Pribumi minoritas dominan
d.   Pribumi mayoritas dominan
e.    Pendatang terfragmentasi
22.    Kemajemukan masyarakat berdasarkan kriteria budaya yang berkaitan  dengan bidang ekonomi adalah...
a.    Mengakui bahwa bangsa Indonesia memiliki kekayaan budaya dari setiap suku bangsa
b.    Keanekaragaman budaya untuk meningkatkan devisa negara dari sektor pariwisata
c.    Diberikan kebebasan kepada setiap suku bangsa untuk mengelola wilayahnya
d.   Budaya-budaya langka dapat dibisniskan sesuai kebutuhan masyarakat
e.    Kebebasan untuk melakukan promosi kekayaan budaya bagi setiap bangsa
23.    Pak Karto sebagai pengusaha pet shop di kotanya. Setelah usahanya maju, pak Karto melanjutkan studi hingga ia memperoleh gelar sarjana. Usaha keras yang dilakukan pak Karto menunjukkan ciri stratifikasi sosial...
a.       Campuran
b.      Tertutup
c.       Sengaja
d.      Terbuka
e.       Tidak sengaja
24.    Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya, salah satu akibat dari kemajemukan suku bangsa dan budayanya adalah muncul akulturasi. Dibawah ini yang merupakan contoh akulturasi adalah...
a.       Artis-artis berwajah Indo
b.      Makanan Bakmi Ketoprak
c.       Penjajahan
d.      Masuknya ilmu Akuntansi
e.       Kesetaraan Gender
25.    Seorang anak belajar mengenal dunia luar melalui keluarganya. Keluarga selalu membimbing, mengarahkan, dan senantiasa memberikan kasih sayang kepada anak. Berdasarkan pernyataan tersebut, keluarga termasuk kelompok primer karena...
a.       Memberikan sosialisasi secara otoriter kepada anak untuk mematuhi nilai dan norma
b.      Memiliki peran tinggi untuk mendidik dan memberikan kasih sayang kepada anak
c.       Memiliki intensitas tinggi untuk bertatap muka dengan anggota keluarganya
d.      Memiliki keajegan hubungan antar anggota keluarga
e.       Melaksanakan sosialisasi hingga membentuk ciri kepribadian anak
26. Unit kegiatan siswa terbagi kedalam berbagai unit bidang seperti pramuka, PMR, pecinta alam, keagamaan, kesenian dan lain-lain. Setiap unit kegiatan memiliki pendapat bahwa konsolidasi adalah bagian dari sikap untuk memperteguh dan memperkuat hubungan antar anggota. Konsolidasi berdasarkan kasus tersebut dapat berfungsi untuk...
a.       Menghambat integrasi
b.      Mendorong asimilasi
c.       Menghambat akulturasi
d.      Menciptakan koalisi
e.       Mendorong akomodasi
27.    Konflik tidak dapat terelakkan dalam masyarakat majemuk yang sarat akan perbedaan. Berikut ini yang termasuk konflik horisontal dalam masyarakat mejemuk adalah...
a.       Linda marah kepada Neni yang selalu membanggakan pekerjaannya sebagai dokter dan mengejek profesi Linda sebagai sekretaris
b.      Sikap semena-mena bangsawan terhadap para pembantunya
c.       Nadya berasal dari Batak kurang cocok berteman dengan Putri yang berasal dari Jawa sehingga keduanya sering bertengkar
d.      Pak Rino berusaha merebut posisi direktur yang ditempati pak Tio
e.       Pemerintah membuat kebijakan yang tidak sesuai dengan kondisi masyarakat
28.    Perhatikan beberapa perilaku dalam masyarakat majemuk berikut ini!
1)   Memberikan kesempatan berpartisipasi dalam kehidupan politik tanpa membedakan latar belakang ras, suku bangsa, agama ataupun golongan.
2)   Memandang bahwa identitas kelompok seperti etnis, ras, agama, bukanlah hal yang kaku dan menghambat pergaulan sosial.
3)   Membentuk partai politik berdasarkan paham, ideologi, atau keterikatan pada faktor-faktor seperti suku bangsa, agama, dan ras.
4)   Memberikan prioritas atau perlakuan istimewa kepada orang-orang yang berasal dari daerah, suku bangsa atau ras tertentu.
Pernyataan yang termasuk perilaku sosial primordialisme adalah...
a.       1 dan 2
b.      1 dan 3
c.       2 dan 3
d.      2 dan 4
e.       3 dan 4

3
 


2
 

1
 

Raja dan keturunannya
 
29.

 Priyayi dan pegawai kerajaan
 
                                                            









Petani dan rakyat jelata
 




           
Berdasarkan gambar yang dijadikan dasar pelapisan sosial diatas adalah...
a.       Pendidikan dan keturunan
b.      Keturunan dan kekuasaan
c.       Kekuasaan dan kekayaan
d.      Kekayaan dan pengatahuan
e.       Pengetahuan dan kehormatan
30.    Hega memiliki keinginan untuk mengubah keadaan hidupnya. Ia termotivasi untuk memperbaiki kehidupan keluarganya agar hidup layak. Berkat usahanya, ia menjadi orang sukses di kampungnya. Mobilitas sosial yang terjadi dalam kehidupan Hega dipengaruhi oleh faktor...
a.       Struktural
b.      Individual
c.       Status sosial
d.      Keadaan ekonomi
e.       Keluarga
31.     Ayah Toyib adalah petani miskin, tetapi dengan kerja keras ia berhasil menyekolahkan anaknya hingga berhasil mencapai gelar insinyur. Saat ini Toyib bekerja di sebuah perusahaan multinasional. Oleh karena ulet dan rajin, ia berhasil meraih kedudukan yang baik. Hal tersebut merupakan salah satu contoh mobilitas sosial melalui...
a.       Peningkatan standar hidup
b.      Prestasi
c.       Perubahan tempat tinggal
d.      Perubahan nama
e.       Perubahan tingkah laku
32.    Kelompok sosial kekerabatan dengan anggota yang banyak memiliki ikatan batin secara murni, tanpa pamrih (ikhlas) dan bersifat alami (non formal. Berdasarkan ciri-cirinya kelompok sosial tersebut adalah...
a.       Perhimpunan
b.      Patembayan
c.       Perkumpulan
d.      Pagelaran
e.       Paguyuban
33.    Sejak era Orde Baru dalam perekonomian Indonesia, kelompok keturunan etnis Tionghoa mengendalikan roda distribusi dan produksi barang kebutuhan hidup. Berkaitan dengan konsep masyarakat majemuk, konfigurasi dari struktur tersebut terbentuk
a.       Fragmentasi
b.      Oposisi positif
c.       Minoritas dominan
d.      Mayoritas dominan
e.       Kompetisi seimbang
34.    Suku bangsa Sunda memiliki wadah organisasi yang dinamakan “Paguyuban Pasundan” demikian pula suku bangsa lain. Secara politis, karakteristik masyarakat multikultural tersebut mengakibatkan...
a.       Liberalisme
b.      Etnosentrisme
c.       Nasionalisme
d.      Materialisme
e.       Sosialisme
35.    Perilaku yang menganggap budaya sendiri lebih tinggi derajatnya daripada budaya orang lain dapat mengakibatkan hal-hal yang merugikan masyarakat. Salah satunya adalah...
a.       Munculnya stereotipe masyarakat tertentu
b.      Komunikasi antarlembaga terjalin dengan baik
c.       Pembangunan berjalan lancar
d.      Sistem pemerintahan dikuasai oleh satu bangsa
e.       Disintegrasi masyarakat!
36.    Konflik yang terjadi antara manajer klub sepak bola dengan para pemain disebabkan karena sudah 6 bulan gajinya belum dibayarkan. Kedua pihak meminta KONI setempat untuk ikut menyelesaikan masalah tersebut. Pihak KONI bersedia dengan syarat keputusan yang diambil harus dipatuhi oleh pemain maupun manajer. Penyelesaian kasus tersebut dapat dilakukan dengan cara...
a.       Kompromi
b.      Adjudikasi
c.       Mediasi
d.      Arbitrasi
e.       Konsiliasi
37.    Beberapa gejala sosial dalam masyarakat yaitu:
1)   Sikap hidup menerima apa adanya
2)   Berpindah pekerjaan ke sektor industri
3)   Melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi
4)   Sikap fanatik untuk membela agama
Yang mendorong terjadinya mobilitas sosial adalah...
a.       (1) dan (2)
b.      (1) dan (3)
c.       (2) dan (3)
d.      (2) dan (4)
e.       (3) dan (4)
38.    Dede adalah seorang guru SMA ternama, karena keteladanan dan prestasinya dalam berorganisasi ia diangkat menjadi Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) di kotanya. Sekarang ia terpilih menjadi anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) mewakili daerahnya. Saluran mobilitas yang digunakan guru tersebut adalah...
a.       Satuan militer
b.      Lembaga keagamaan
c.       Organisasi ekonomi
d.      Organisasi profesi
e.       Organisasi politik
39.    Beberapa ciri kehidupan sosial:
1)   Memiliki kesadaran bersama pada nilai dan norma yang berlaku
2)   Terdapat konsensus, perasaan solidaritas, dan identitas bersama
3)   Sulit mencapai konsensus bersama terhadap nilai yang bersifat dasar
4)   Cenderung sering mengalami konflik antarkelompok yang berbeda
Yang termasuk ciri kehidupan sosial pada masyarakat majemuk, adalah...
a.       (1) dan (2)
b.      (1) dan (3)
c.       (2) dan (3)
d.      (2) dan (4)
e.       (3) dan (4)
40.    Secara sosiologis keberhasilan pemerintah menangani berbagai pergolakan di daerah yang akan memisahkan diri dari NKRI berdampak positif untuk memperkuat...
a.       Budaya nasional
b.      Ekonomi nasional
c.       Anggaran nasional
d.      Kepemimpinan nasional
e.       Integrasi nasional
41.    Banyak lulusan dari sekolah favorit yang memilih fakultas kedokteran umum sebagai kelanjutan studinya. Hal ini membuktikan bahwa profesi sebagai dokter sangat didambakan, lebih dari profesi lainnya. Perbedaan profesi menjadi tinggi-rendah atau berjenjang karena berhubungan dengan...
a.       Prestise atau perbedaan sosial
b.      Sikap terhadap perubahan sosial
c.       Gaya hidup dan sikap politis
d.      Bidang pengetahuan yang dikuasai
e.       Penerimaan terhadap kelompok/golongan lain
42.    Keanekaragaman suku bangsa Indonesia dapat menyebabkan terjadinya konflik horisontal yang dilatarbelakangi oleh paham primordialisme. Realitas sosial tersebut akibat dari adanya perbedaan...
a.       Ekonomi
b.      Agama
c.       Pekerjaan
d.      Keturunan
e.       Budaya
43.    Proses industrialisasi pada masyarakat perkotaan modern membawa dampak terhadap pola pembentukan pelapisan sosial. Pengaruh tersebut antara lain terjadinya pelapisan sosial yang lebih kompleks yaitu...
a.       Beragamnya pilihan status dan pekerjaan
b.      Adanya perubahan tata nilai materialistis
c.       Terjadinya perubahan dalam berperilaku
d.      Munculnya pemikiran yang demokratis
e.       Meningkatnya kecenderungan gaya hidup mewah
44.    Kebutuhan industri menyebabkan terjadi eksploitasi hutan secara besar-besaran. Orientasi keuntungan ekonomis menyebabkan pengusaha menggunakan berbagai cara untuk mendapatkan kayu hingga merambah hutan milik adat masyarakat setempat. Rakyat menolak karena menganggap hutan tadi adalah tempat yang sakral. Terjadilah konflik antara pengusaha dengan masyarakat yang merasa dirampas. Konflik yang terjadi antara pengusaha dan rakyat disebabkan oleh adanya perbedaan...
a.       Kepercayaan
b.      Ideologi
c.       Budaya
d.      Individual
e.       Kepentingan
45.    Pak Amir adalah guru yang berprestasi, tekun, dan dapat menjadi teladan sehingga dia diangkat menjadi kepala sekolah diderahnya. Jenis mobilitas sosial yang dialami pak Amir adalah...
a.       Antargenerasi
b.      Intragenerasi
c.       Vertikal turun
d.      Vertikal naik
e.       Horisontal
ESSAY!
46.    Sebutkan ciri-ciri masyarakat multikultural!
47.    Sebutkan dasar-dasar pembentukan kelompok sosial!
48.    Jelaskan perbedaan paguyuban (gemeinschaft) dengan patembayan (gesellschaft)!
49.    Buatlah ilustrasi mengenai interseksi dan konsolidasi yang terjadi di masyarakat!
50.    Berikan contoh akibat kemajemukan berikut ini!
a.       Amalgamasi
b.      Akulturasi
c.       Asimilasi
d.      Segregasi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Batik Penajam Paser Utara

PTK sosiologi

BAB I PENDAHULUAN A.   Latar Belakang Masalah Banyak kalangan pelajar menganggap belajar adalah aktivitas yang tidak menyenangkan, duduk berjam-jam dengan mencurahkan perhatian dan pikiran pada suatu pokok bahasan, baik yang sedang disampaikan guru maupun yang sedang dihadapi di meja belajar. Kegiatan ini hampir selalu dirasakan sebagai beban daripada upaya aktif untuk memperdalam ilmu. Mereka tidak menemukan kesadaran untuk mengerjakan seluruh tugas-tugas sekolah. Banyak diantara siswa yang menganggap, mengikuti pelajaran tidak lebih sekedar rutinitas untuk mengisi daftar absensi, mencari nilai, melewati jalan yang harus ditempuh, dan tanpa diiringikesadaran untuk menambah wawasan ataupun mengasah ketrampilan. Menurunnya gairah belajar, selain disebabkan oleh ketidaktepatan metodologis, juga berakar pada paradigma pendidikan konvensional yang selalu menggunakan metode pengajaran klasikal dan ceramah, tanpa pernah diselingi berbagai metode yang menantang untuk berusaha. T