Langsung ke konten utama

RPP EEK sosiologi kelas XI IPS


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 1)

Nama sekolah              : SMA Negeri 1 Paninggaran
Mata Pelajaran             : Sosiologi
Kelas/semester             :  XI IPS / 1
Standar Kompetensi   :1.Memahami struktur sosial serta berbagai faktor penyebab konflik dan   mobilitas sosial.                                          
Kompetensi Dasar   : 1.1.Mendeskripsikan bentuk-bentuk struktur sosial dalam fenomena kehidupan masyarakat.                                             
Indikator                      :
·      Menjelaskan pengertian stuktur sosial
·      Menjelaskan ciri-ciri struktur sosial
·      Menjelaskan unsur-unsur struktur sosial
·      Mendefinisikan bentuk-bentuk struktur sosial
·      Mendefinisikan bentuk-bentuk struktur sosial dalam fenomena kehidupan bermasyarakat
Alokasi Waktu             :  18 x 45 menit (6 X Pertemuan)

I.          Tujuan Pembelajaran
Setelah melaksanakan proses pembelajaran diharapkan peserta didik mampu:
1.      Menjelaskan pengertian struktur sosial dari beberapa ahli
2.      Menjelaskan ciri-ciri struktur sosial
3.      Memahami unsur-unsur stuktur sosial
4.      Membedakan bentuk-bentuk struktur sosial
5.      Mengidentifikasi bentuk-bentuk struktur sosial dalam fenomena kehidupan bermasyarakat
II.          Materi Ajar
1.      Pengertian struktur sosial
2.      Ciri-ciri struktur sosial
3.      Unsur-unsur sosial dalam srtuktur sosial
4.      Bentuk-bentuk struktur sosial
5.      Pengaruh struktur sosial dalam kehidupan masyarakat
III.          Metode Pembelajaran
Pendekatan Contekstual Teaching Learning dengan model pembelajaran Kooperatif tipe Think pair and share serta Pendekatan PAKEM (Pembelajaran Aktif Kretif dan Menyenangkan) dengan metode JAS (Jelajah Alam Sekitar) dengan variasi:
1.      Ceramah
2.      Observasi
3.      Belajar kelompok
4.      Diskusi
5.      Presentasi
6.      Karya tulis sederhana
IV.          Kegiatan pembelajaran
Pertemuan ke-1 (3 X 45 menit)

1. Pendahuluan  

a. Apersepsi:
-        Pendidik memberikan salam, memeriksa kehadiran peserta didik.
-        Pendidik mengajak peserta didik mengenali srtuktur sosial.
-        Tanya jawab  tentang lapisan/hierarki masyarakat yang ada di sekitar lingkungan peserta didik
-        Informasi tentang tujuan belajar dan metode yang digunakan dalam mempelajari materi ajar struktur, diferensiasi dan stratifikasi sosial
b. Motivasi:
Pentingnya peserta didik mengetahui bentuk-bentuk struktur sosial dalam fenomena kehidupan masyarakat yang membantu memahami lingkungan sosial dan resume materi pelajaran.

2. Kegiatan inti

Eksplorasi:
a.       Pendidik memberikan ceramah mengenai materi dan kompetensi materi ajar bentuk-bentuk srtuktur sosial dalam fenomena kehidupan masyarakat
b.      Peserta didik kemudian diminta untuk berpikir dan mencari kejelasan atas permasalahan materi yang disampaikan.
c.       Pendidik meminta peserta didik dan teman sebelahnya mengutarakan hasil pemikiran atas materi pelajaran  yang di sampaikan pendidik.
d.      Pendidik memberikan waktu kepada para peserta didik untuk memikirkan dan menemukan jawaban materi pelajaran melalaui diskusi dengan teman sebelah dan informasi dari buku teks pelajaran.
Elaborasi:
e.       Setelah waktu dianggap cukup, tiap kelompok diminta mengemukakan hasil diskusinya.
f.       Pendidik mengatur proses tanya jawab antarkelompok yang memiliki pendapat yang berbeda atau membantu memberikan jawaban pada kelompok lain
g.      Bersama-sama melalui tanya jawab dan diskusi antaranggota kelompok materi pelajaran dibahas hingga paham dan menguasai materi yang menjadi bahasan.



Konfirmasi:
h.      Setelah kegiatan diskusi selesai, pendidik meminta kelompok yang anggotanya telah memahami materi membuat rangkuman hasil belajarnya dan mempresentasikannya.
i.        Peserta didik lain diminta memberikan tanggapan dengan sebelumnya mengacungkan tangan terlebih dahulu.
j.        Pendidik mengarahkan agar jalannya diskusi tetap dalam materi pelajaran dan berjalan dengan lancar dan tidak kaku.
3. Penutup
a.       Peserta didik dengan panduan pendidik, membuat simpulan dari materi bentuk-bentuk struktur sosial yang telah dibahas dalam diskusi kelas.
b.      Peserta didik melakukan refleksi proses pembelajaran
c.       Pendidik memberikan tugas non tatap muka terstruktur yang harus dilaporkan (terlampir)
d.      Pendidik menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan mengucapkan salam.
Pertemuan ke-2 (3 X 45 menit)
1. Pendahuluan         
a. Apersepsi:
-        Pendidik memberikan salam, memeriksa kehadiran peserta didik.
-        Pendidik mengajak peserta didik memahami ciri-ciri srtuktur sosial
-        Tanya jawab  tentang masyarakat yang merupakan unsur srtuktur sosial
-        Informasi tentang tujuan belajar dan metode yang digunakan dalam mempelajari ciri-ciri struktur sosial dan unsur-unsur struktur sosial
b. Motivasi  :  Pentingnya peserta didik memahami ciri-ciri struktur sosial dan unsur-unsur struktur sosial serta resume materi pelajaran.

2. Kegiatan inti

Eksplorasi:
a.       Pendidik memberikan ceramah mengenai materi dan kompetensi materi ciri-ciri dan unsur-unsur struktur sosial yang harus dikuasai.
b.      Peserta didik kemudian diminta untuk berpikir dan mencari kejelasan atas permasalahan materi yang disampaikan.
c.       Pendidik meminta peserta didik dan teman sebelahnya mengutarakan hasil pemikiran atas materi pelajaran  yang disampaikan pendidik.
d.      Pendidik memberikan waktu kepada para peserta didik untuk memikirkan dan menemukan jawaban materi pelajaran melalui diskusi teman sebelah dan informasi dari buku teks pelajaran.


Elaborasi:       
e.       Setelah waktu dianggap cukup, tiap kelompok diminta mengemukakan hasil diskusinya.
f.       Pendidik mengatur proses tanya jawab antarkelompok yang memiliki pendapat yang berbeda atau membantu memberikan jawaban pada kelompok lain
g.      Bersama-sama melalui tanya jawab dan diskusi antaranggota kelompok materi pelajaran dibahas hingga paham dan menguasai materi yang menjadi bahasan.
Konfirmasi:
h.      Setelah kegiatan diskusi selesai, pendidik meminta kelompok yang anggotanya telah memahami materi membuat rangkuman hasil belajar ciri-ciri dan unsur-unsur struktur sosial dan mempresentasikannya.
i.        Peserta didik lain diminta memberikan tanggapan dengan sebelumnya mengacungkan tangan terlebih dahulu.
j.        Pendidik mengarahkan agar jalanya diskusi tetap dalam materi pelajaran dan berjalan dengan lancar dan tidak kaku.
3. Penutup
a.       Peserta didik dengan panduan pendidik, membuat simpulan dari materi ciri-ciri dan unsur-unsur struktur sosial yang telah dibahas dalam diskusi kelas.
b.      Peserta didik melakukan refleksi proses pembelajaran
c.       Pendidik memberikan tugas non tatap muka terstruktur yang harus dilaporkan (terlampir)
d.      Pendidik menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan mengucapkan salam.
Pertemuan ke-3 (3 X 45 menit)
1. Pendahuluan         
a. Apersepsi:
-        Pendidik memberikan salam, memeriksa kehadiran peserta didik.
-        Pendidik mengajak peserta didik mengenali ketidaksamaan sosial, lapisan/hierarki masyarakat
-        Tanya jawab  tentang lapisan sosial dimasyarakat tempat tinggal peserta didik
-        Informasi tentang tujuan belajar dan metode yang digunakan mempelajarai materi ketidaksamaan, lapisan/hierarki sosial
b. Motivasi  :  Pentingnya peserta didik mengetahui  bentuk-bentuk ketidaksamaan sosial serta penyebab terjadinya ketidaksamaan itu.

2. Kegiatan inti

Eksplorasi:
a.       Pendidik memberikan ceramah mengenai materi dan kompetensi materi pelajaran ketidaksamaan sosial serta faktor-faktor penyebab ketidakamaan sosial.
b.      Peserta didik kemudian diminta untuk berpikir dan mencari kejelasan atas permasalahan materi yang disampaikan.
c.       Pendidik meminta peserta didik dan teman sebelahnya mengutarakan hasil pemikiran atas materi pelajaran  yang disampaikan pendidik.
d.      Pendidik memberikan waktu kepada para peserta didik untuk memikirkan dan menemukan jawaban materi pelajaran melalaui diskusi dengan teman sebelah dan informasi dari buku teks pelajaran.
Elaborasi:
e.       Setelah waktu dianggap cukup, tiap kelompok diminta mengemukakan hasil diskusi ketidaksamaan sosial serta faktor penyebabnya.
f.       Pendidik mengatur proses tanya jawab antarkelompok yang memiliki pendapat yang berbeda atau membantu memberikan jawaban pada kelompok lain
g.      Bersama-sama melalui tanya jawab dan diskusi antaranggotanya materi pelajaran dibahas hingga paham dan menguasai materi yang menjadi bahasan.
Konfirmasi:
h.      Setelah kegiatan diskusi selesai, pendidik meminta kelompok yang anggotanya telah memahami materi membuat rangkuman hasil belajarnya dan mempresentasikannya.
i.        Peserta didik lain diminta memberikan tanggapan dengan sebelumnya mengacungkan tangan terlebih dahulu.
j.        Pendidik mengarahkan agar jalanya diskusi tetap dalam materi pelajaran dan berjalan dengan lancar dan tidak kaku.
3. Penutup
a.       Peserta didik dengan panduan pendidik, membuat simpulan dari materi ketidaksamaan sosial serta penyebabnya yang telah dibahas dalam diskusi kelas.
b.      Peserta didik melakukan refleksi proses pembelajaran
c.       Pendidik memberikan tugas non tatap muka terstruktur yang harus dilaporkan (terlampir)
d.      Pendidik menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan mengucapkan salam.
Pertemuan ke-4 (3 X 45 menit)
1. Pendahuluan         
a. Apersepsi:
-        Pendidik memberikan salam, memeriksa kehadiran peserta didik.
-        Pendidik mengajak peserta didik memahami konsep diferensiasi sosial.
-        Tanya jawab  tentang perbedaan secara horisontal dalam masyarakat.
-        Informasi tentang tujuan belajar dan metode yang digunakan dalam mempelajari diferensiasi sosial dalam masyarakat.

b. Motivasi 
 Pentingnya peserta didik mengetahui dan  mempelajari diferensiasi sosial masyarakat dan resume materi pelajaran.

2. Kegiatan inti

Eksplorasi:
a.       Pendidik memberikan ceramah mengenai materi dan kompetensi materi diferensiasi sosial yang harus dikuasai.
b.      Peserta didik kemudian diminta untuk berpikir dan mencari kejelasan atas permasalahan materi yang disampaikan.
c.       Pendidik meminta peserta didik dan teman sebelahnya mengutarakan hasil pemikiran atas materi pelajaran  yang disampaikan pendidik.
d.      Pendidik memberikan waktu kepada para peserta didik untuk memikirkan dan menemukan jawaban materi pelajaran melalaui diskusi dengan teman sebelah dan informasi dari buku teks pelajaran.
Elaborasi:
e.       Setelah waktu dianggap cukup, tiap kelompok diminta mengemukakan hasil diskusi paradigma sosiologi dan realitas sosial.
f.       Pendidik mengatur proses tanya jawab antarkelompok yang memiliki pendapat yang berbeda atau membantu memberikan jawaban pada kelompok lain.
g.      Bersama-sama melalui tanya jawab dan diskusi antaranggota kelompok materi pelajaran dibahas hingga paham dan menguasai materi yang menjadi bahasan.
Konfirmasi:
h.      Setelah kegiatan diskusi selesai, pendidik meminta kelompok yang anggotanya telah memahami materi membuat rangkuman hasil belajarnya dan mempresentasikannya.
i.        Peserta didik lain diminta memberikan tanggapan dengan sebelumnya mengacungkan tangan terlebih dahulu.
j.        Pendidik mengarahkan agar jalanya diskusi tetap dalam materi pelajaran dan berjalan dengan lancar dan tidak kaku.
3. Penutup
a.       Peserta didik dengan panduan pendidik, membuat simpulan dari materi diferensiasi sosial yang telah dibahas dalam diskusi kelas.
b.      Peserta didik melakukan refleksi proses pembelajaran
c.       Pendidik memberikan tugas non tatap muka terstruktur yang harus dilaporkan (terlampir)
d.      Pendidik menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan mengucapkan salam.


Pertemuan ke-5 (3 X 45 menit)
1. Pendahuluan         
a. Apersepsi:
-        Pendidik memberikan salam, memeriksa kehadiran peserta didik.
-        Pendidik mengajak peserta didik memahami konsep stratifikasi sosial.
-        Tanya jawab  tentang perbedaan secara vertikal dalam masyarakat.
-        Informasi tentang tujuan belajar dan metode yang digunakan dalam mempelajari stratifikasi sosial dalam masyarakat.
b. Motivasi 
 Pentingnya peserta didik mengetahui dan  mempelajari stratifikasi sosial masyarakat dan resume materi pelajaran.

2. Kegiatan inti

Eksplorasi:
a.       Pendidik memberikan ceramah mengenai materi dan kompetensi materi stratifikasi sosial yang harus dikuasai.
b.      Peserta didik kemudian diminta untuk berpikir dan mencari kejelasan atas permasalahan materi yang disampaikan.
c.       Pendidik meminta peserta didik dan teman sebelahnya mengutarakan hasil pemikiran atas materi pelajaran  yang disampaikan pendidik.
d.      Pendidik memberikan waktu kepada para peserta didik untuk memikirkan dan menemukan jawaban materi pelajaran melalaui diskusi dengan teman sebelah dan informasi dari buku teks pelajaran.
Elaborasi:
e.       Setelah waktu dianggap cukup, tiap kelompok diminta mengemukakan hasil diskusi stratifikasi atau lapisan sosial secara vertikal yang ada dilingkungan tempat tinggal peserta didik.
f.       Pendidik mengatur proses tanya jawab antarkelompok yang memiliki pendapat yang berbeda atau membantu memberikan jawaban pada kelompok lain.
g.      Bersama-sama melalui tanya jawab dan diskusi antaranggota kelompok materi pelajaran dibahas hingga paham dan menguasai materi yang menjadi bahasan.
Konfirmasi:
h.      Setelah kegiatan diskusi selesai, pendidik meminta kelompok yang anggotanya telah memahami materi membuat rangkuman hasil belajarnya dan mempresentasikannya.
i.        Peserta didik lain diminta memberikan tanggapan dengan sebelumnya mengacungkan tangan terlebih dahulu.
j.        Pendidik mengarahkan agar jalanya diskusi tetap dalam materi pelajaran dan berjalan dengan lancar dan tidak kaku.

3. Penutup
a.    Peserta didik dengan panduan pendidik, membuat simpulan dari materi diferensiasi sosial yang telah dibahas dalam diskusi kelas.
b.    Peserta didik melakukan refleksi proses pembelajaran
c.  Pendidik memberikan tugas non tatap muka terstruktur yang harus dilaporkan (terlampir)
d.   Pendidik menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan mengucapkan salam.
Pertemuan ke-6 (3 X 45 menit)
1. Pendahuluan         
a. Apersepsi:
-        Pendidik memberikan salam, memeriksa kehadiran peserta didik.
-        Pendidik mengajak peserta didik mengidentifikasi pengaruh bentuk-bentuk srtuktur sosial dalam fenomena kehidupan masyarakat.
-        Tanya jawab  tentang pengaruh lapisan/hierarki sosial dalam kehidupan  masyarakat sehari-hari.
-        Informasi tentang tujuan belajar dan metode yang digunakan dalam mempelajari pengaruh bentuk-bentuk struktur sosial dalam kehidupan masyarakat.
b. Motivasi 
 Pentingnya peserta didik mengetahui dan  mengidentikasi pengaruh bentuk-bentuk struktur sosial dalam kehidupan masyarakat dan resume materi pelajaran.

2. Kegiatan inti

Eksplorasi:
a.       Pendidik memberikan ceramah mengenai materi dan kompetensi materi pengaruh bentuk-bentuk struktur sosial dalam kehidupan masyarakat yang harus dikuasai.
b.      Peserta didik kemudian diminta untuk berpikir dan mencari kejelasan atas permasalahan materi yang disampaikan.
c.       Pendidik meminta peserta didik dan teman sebelahnya mengutarakan hasil pemikiran atas materi pelajaran  yang disampaikan pendidik.
d.      Pendidik memberikan waktu kepada para peserta didik untuk memikirkan dan menemukan jawaban materi pelajaran melalaui diskusi dengan teman sebelah dan informasi dari buku teks pelajaran.
Elaborasi:
e.       Setelah waktu dianggap cukup, tiap kelompok diminta mengemukakan hasil diskusi pengaruh bentuk-bentuk struktur sosial dalam kehidupan masyarakat dilingkup negara Indonesia.
f.       Pendidik mengatur proses tanya jawab antarkelompok yang memiliki pendapat yang berbeda atau membantu memberikan jawaban pada kelompok lain.
g.      Bersama-sama melalui tanya jawab dan diskusi antaranggota kelompok materi pelajaran dibahas hingga paham dan menguasai materi yang menjadi bahasan.
Konfirmasi:
h.      Setelah kegiatan diskusi selesai, pendidik meminta kelompok yang anggotanya telah memahami materi membuat rangkuman hasil belajarnya dan mempresentasikannya.
i.        Peserta didik lain diminta memberikan tanggapan dengan sebelumnya mengacungkan tangan terlebih dahulu.
j.        Pendidik mengarahkan agar jalanya diskusi tetap dalam materi pelajaran dan berjalan dengan lancar dan tidak kaku.
3. Penutup
a.         Peserta didik dengan panduan pendidik, membuat simpulan dari materi pengaruh bentuk-bentuk struktur sosial dalam kehidupan masyarakat  yang telah dibahas dalam diskusi kelas.
b.         Peserta didik melakukan refleksi proses pembelajaran
c.       Pendidik memberikan tugas non tatap muka terstruktur yang harus dilaporkan (terampir)
d.        Pendidik menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan mengucapkan salam.
V.          Alat/Bahan/Sumber Belajar Penilaian Hasil Belajar
1. Alat
a. Laptop dan LCD.
b.Gambar tokoh-tokoh sosiologi dan video interaksi sosial masyarakat.
2. Bahan
a.       Lembar  kerja akademik peserta didik.
b.      Artikel dari koran, majalah dan internet.
3. Sumber
a.       Sosiologi Jilid 2, 2006. Tim sosiologi, Jakarta: Yudhistira.
b.      Sosiologi 1, 2006. J. M. Henslin. Jakarta: Erlangga.
c.       Pengantar Sosiologi, 2005. Soerjono Soekanto,  Jakarta: Rajawali Press.
d.      Sosiologi X, 2007. K. Maryati dan Juju S., Jakarta: Esis.
e.       Sosiologi 1, 2009. Sri Sudarmi. Surakarta, CV Putra Nugraha.
f.       Internet dan lingkungan sosial.
VI.          Penilaian Hasil Belajar
1.    Penilaian Belajar Teknik
a. Tes tertulis
b. Observasi sikap peserta didik
c. Unjuk kerja/portofolio
2.     Bentuk
a. Pilihan ganda
b. Lembar penilaian sikap
c. Laporan hasil kerja
3.     Instrumen
a. Soal/evaluasi tertulis pencapaian kompetensi (terlampir)
b. Lembar kerja akademik tatap muka (terlampir)
c. Lembar kerja tugas terstruktur (terlampir)
d. Lembar kerja tugas mandiri (terlampir)
e. Program pengayaan (terlampir)
f. Program perbaikan (terlampir)
g. Kriteria penilaian sikap (terlampir)
h. Kriteria unjuk kerja/portofolio (terlampir)


     
                                                                  Pekalongan,
Mengetahui                                                                  Pendidik Mata Pelajaran
Kepala Sekolah,                                                           Sosiologi



Drs. Eko Supriyanto, M.Pd.                                         Luluk Wulandari, S.P  
NIP.19650109 199203 1 006                                      NIP.19880109 201001 2 008






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Batik Penajam Paser Utara

Soal Semester Genap Sosiologi Kelas XI IPS

PEMERINTAH KABUPATEN PEKALONGAN DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN SMA NEGERI I PANINGGARAN Alamat : Jl. Raya Paninggaran Pekalongan  É (0285) 521044 › 51164 Website : www.sman1paninggaran.sch.id E-mail : smanpaninggaran@yahoo.co.id   ULANGAN AKHIR SEMESTER G ENAP TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012   PETUNJUK UMUM : 1.     Tulislah nama, nomor peserta, kelas/program pada lembar jawaban. 2.     Semua jawaban dikerjakan pada lembar jawaban yang tersedia. 3.     Kerjakan terlebih dahulu soal yang anda anggap paling mudah. 4.     Teliti kembali pekerjaan anda sebelum dikumpulkan. PETUNJUK KHUSUS : A.   Untuk soal nomor 1 s.d. 45  berilah tanda silang (X) pada huruf A , B , C , D , atau E yang anda anggap paling benar pada lembar jawaban yang tersedia! B.   Untuk soal no. 46 s.d. 50   jawablah dengan benar! Pilihan Ganda 1.     Masyarakat multikultural dapat diberi pengertian sebagai masyarakat yang... a.     Terdiri dua atau lebih kelompok atau go

PTK sosiologi

BAB I PENDAHULUAN A.   Latar Belakang Masalah Banyak kalangan pelajar menganggap belajar adalah aktivitas yang tidak menyenangkan, duduk berjam-jam dengan mencurahkan perhatian dan pikiran pada suatu pokok bahasan, baik yang sedang disampaikan guru maupun yang sedang dihadapi di meja belajar. Kegiatan ini hampir selalu dirasakan sebagai beban daripada upaya aktif untuk memperdalam ilmu. Mereka tidak menemukan kesadaran untuk mengerjakan seluruh tugas-tugas sekolah. Banyak diantara siswa yang menganggap, mengikuti pelajaran tidak lebih sekedar rutinitas untuk mengisi daftar absensi, mencari nilai, melewati jalan yang harus ditempuh, dan tanpa diiringikesadaran untuk menambah wawasan ataupun mengasah ketrampilan. Menurunnya gairah belajar, selain disebabkan oleh ketidaktepatan metodologis, juga berakar pada paradigma pendidikan konvensional yang selalu menggunakan metode pengajaran klasikal dan ceramah, tanpa pernah diselingi berbagai metode yang menantang untuk berusaha. T