Langsung ke konten utama
Motivasi mengikuti Diklat Online Guru Melek IT (DOGMIT)

Perkembangan model pembelajaran dari waktu ke waktu terus mengalami perubahan. Model-model pembelajaran tradisional kini  mulai ditinggalkan berganti dengan model yang lebih modern. Sejalan dengan pendekatan konstruktivisme dalam pembelajaran, salah satu pembelajaran yang banyak mendapat respon adalah pembelajaran berbasis IT. 
Keterbatasan pengetahuan guru dalam menguasai teknologi menjadi kendala. Apalagi bagi guru seperti saya yang tidak berasal dari latar belakang TIK. Pelatihan untuk pembelajaran dengan TIK sangat jarang diadakan, maka dari itu guru harus aktif mencari sendiri pelatihan tersebut, salah satunya melalui DOGMIT ini.
Al-Quran    memerintahkan   manusia   untuk   terus   berupaya meningkatkan kemampuan  ilmiahnya.  Jangankan  manusia  biasa, Rasul  Allah Muhammad Saw. pun diperintahkan agar berusaha dan berdoa agar selalu ditambah  pengetahuannya  Qul  Rabbi  zidni ‘ilma  (Berdoalah  [hai  Muhammad],  “Wahai Tuhanku, tambahlah untukmu ilmu”) (QS Thaha [20]: 114),  karena  fauqa  kullu  zi ‘ilm  (in)  ‘alim (Di atas setiap pemilik pengethuan, ada yang amat mengetahui (QS Yusuf [12]: 72).
“Manusia  memiliki  naluri  selalu   haus   akan   pengetahuan.”

Sebagai pendidik, kita adalah manusia yang diharuskan untuk selalu belajar, menambah ilmu dan ketarmpilan supaya dapat mengimbangi siswa kita yang, mungkin, lebih menguasai TIK. Beberapa guru atau sebagian besar, sudah dapat melaksanakan pembelajaran dengan powerpoin, baik yang disusun sendiri maupun copy paste dari teman se mata pelajaran. Dalam diklat ini kita diharapkan lebih inovatif, berkreasi dengan beberapa software yang nantinya dapat kita tularkan kepada anak didik kita. Semoga guru Indonesia selalu mendapat hak nya tanpa melupakan apa yang menjadi kewajibannya, yaitu terus menambah ilmu.
Terimakasih
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Batik Penajam Paser Utara

Soal Semester Genap Sosiologi Kelas XI IPS

PEMERINTAH KABUPATEN PEKALONGAN DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN SMA NEGERI I PANINGGARAN Alamat : Jl. Raya Paninggaran Pekalongan  É (0285) 521044 › 51164 Website : www.sman1paninggaran.sch.id E-mail : smanpaninggaran@yahoo.co.id   ULANGAN AKHIR SEMESTER G ENAP TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012   PETUNJUK UMUM : 1.     Tulislah nama, nomor peserta, kelas/program pada lembar jawaban. 2.     Semua jawaban dikerjakan pada lembar jawaban yang tersedia. 3.     Kerjakan terlebih dahulu soal yang anda anggap paling mudah. 4.     Teliti kembali pekerjaan anda sebelum dikumpulkan. PETUNJUK KHUSUS : A.   Untuk soal nomor 1 s.d. 45  berilah tanda silang (X) pada huruf A , B , C , D , atau E yang anda anggap paling benar pada lembar jawaban yang tersedia! B.   Untuk soal no. 46 s.d. 50   jawablah dengan benar! Pilihan Ganda 1.     Masyarakat multikultural dapat diberi pengertian sebagai masyarakat yang... a.     Terdiri dua atau lebih kelompok atau go

PTK sosiologi

BAB I PENDAHULUAN A.   Latar Belakang Masalah Banyak kalangan pelajar menganggap belajar adalah aktivitas yang tidak menyenangkan, duduk berjam-jam dengan mencurahkan perhatian dan pikiran pada suatu pokok bahasan, baik yang sedang disampaikan guru maupun yang sedang dihadapi di meja belajar. Kegiatan ini hampir selalu dirasakan sebagai beban daripada upaya aktif untuk memperdalam ilmu. Mereka tidak menemukan kesadaran untuk mengerjakan seluruh tugas-tugas sekolah. Banyak diantara siswa yang menganggap, mengikuti pelajaran tidak lebih sekedar rutinitas untuk mengisi daftar absensi, mencari nilai, melewati jalan yang harus ditempuh, dan tanpa diiringikesadaran untuk menambah wawasan ataupun mengasah ketrampilan. Menurunnya gairah belajar, selain disebabkan oleh ketidaktepatan metodologis, juga berakar pada paradigma pendidikan konvensional yang selalu menggunakan metode pengajaran klasikal dan ceramah, tanpa pernah diselingi berbagai metode yang menantang untuk berusaha. T